Friday 31 July 2020

Cerita seru hamil dan melahirkan di tengah situasi Covid-19 : Part 2

Seperti yang sudah diceritakan di part 1, akhirnya aku coba kontrol kandungan di 38 weeks ke dokter Musa. Gile ye. Sekali lagi, udah aterm, bisa lahiran kapan aja, lah gue ganti dokter, bahkan baru memutuskan mau lahiran ditolong siapa. Tapi sama sekali ga ada ruginya. Saat itu menjelang lebaran, kayaknya hari gue cerah ceriaaa setelah ketemu dr Musa. Sebelomnya, boro-boro lah, gelep. Dan memang, di luar menjelang takbiran, langit Jakarta dan Depok cerah ceria, mungkin karena psbb juga haha!

Dr Musa bilang, masih bisa kita cek terus sampai masa due date. Beliau ga menutup kemungkinan nunggu sampai setelah due date, tapi ya cek terus itu tadi tetap harus jalan. Beliau teliti cek ctg gue, aman, usg aman, jadi beliau bilang siapa tau masih rejeki, aku disuruh terus excercise, dikasih pose yang paling ekstrim sama doi. Oya, mengenai masalah due date, mungkin kiblat orang beda2, dr Musa jelasin, pokoknya perkiraan lahir ditetapkan 40 weeks karena berdasarkan penelitian, plasenta fungsinya menurun pada usia 40 weeks. Nah gawat janin, semua dimulai dari fungsi plasenta itu sendiri. Bukan tanpa alasan, semua harus dicek per 3 hari setelah 39 weeks dengan ctg. Well, makes sense kataku sih ya.

Panjang lebar dia jelasin masalah dan berbagai kondisi menjelang persalinan tuh kayak apa, jadi suami ku yang menggilai logika itu ya seneng bener lah. Gue? Ya tenang abis disuruh masih nunggu. Ya wong bisa lebih siap2. Emang dr Musa itu sesenior itu, jadi ya tau banget kami lagi cari second opinion, dia pinter ambil hati kami, jadilah kami mantep sama beliau aja.

Sampai tibalah usia kehamilanku 39 weeks, baby masih sungsang, dan kami putuskan operasi. Tapi kapan? Galau lageeee. Sambil nunggu due date, kami cek ctg selanjutnya, karna aku blm ada tanda lahiran, hasil ok. Yak, ternyata baby deadliner haha kek maknya yang pas hamil jadi deadliner sejati. Berat rasanya terminasi kehamilan tanpa ada tanda tanda dari baby yang kasih pesan cintanya. Tapi, kami udah usaha semua kesana kesini, (literally) jungkir balik beneran jungkir balik loh haha, ternyata emang bayinya memilih sendiri cara dia dilahirkan, ditolong siapa, dan kapan (melalui bisikan bisikan, yang entah kecampur egoku atau ga). Well, termasuk lahir DI MANA!! Itu juga baby yang pilih.

Tiga hari sebelum usia kehamilan 40 weeks, saya terakhir ctg di UGD Asih, karena ga ada dr Musa, hasil dilaporin ke beliau. Karena hasilnya oke, kata dr Musa sih boleh tunggu ajah, bisa terserah kapan lahiran.

Keputusan waktu itu, tepat 40 weeks, kalau ga ada tanda dari baby kami mau lahiran. Karena ga ada tanda dari baby, dan sepertinya kurang bijak aja 3 hari sekali ctg ke RS di tengah pandemik ini. Jauh pula ya RS nya. Udah ditungguin eyang2 siti sidinya pula. Ya mantepin aja lah. Setelah mantep mo operasi kapan, wa lah sayah ke beliau. Tapi..... JENG JENG..

Dr musa tanya: mau operasi di mana?

Dalam hati ku bertanya: lah, di mana lagi? Bukannya selama ini kita ketemu di Asih?
Ternyata dr Musa bilang, kalau no asuransi, mau coba ke RS Gandaria, bisa lebih murah, lumayan bisa buat yang lain selisihnya.

MasyaAllah! Operasi diputuskan Sabtu, Kamis subuh beliau baru bilang gitu. Dan gue? Tersentil karena... inget ga sih kekekhawatiran guee peertama saat memikirkan rencana operasi? Nah, dalam hati kumikir apakah ini jawaban dari doa ku kepada Allah.

Kamis pagi browsing, apatuh RS Gandaria? Baru dengar ada RS itu, dan baru tahu juga dr Musa di sana. Tentu selain biaya, pertimbangan saya adalah protokol covid. Mencari tahu akreditasinya saja susah, tapi akhirnya menemukan hasilnya kurang baik. Lalu, kami mesti survey karena gatau sama sekali. Kebayang ga? Mo operasi Sabtu, kamis sore masih survey. Wahahahah! Ya, tentu setelah browsing subuh itu, ku tidur lagi sebagai bumil. Di mimpi itu, masa RS nya creepy gitu. Huft. Tapi mimpi habis subuh itu biasanya campur tangan setan. Setelah survey: rumah bersalin khusus - homey, ga dicampur orang sakit, dan rooming in, deket2 gitu ruang babynya jadi enak tinggal toleh, dan sepiiìiii kemungkinan sih bisa saya sendiri yang lahiran disitu. Haha. Asik, lebih intimate sama baby. Namun, protokol covid nya kurang, ga periksa suhu (ini belakangan saya ketahui karena udah malem pas survey jadi dah ga ada petugas), petugas maskernya ga standar, kadang ada yang ga pake yang bukan frontliner, jumlah pengunjung ga dibatesin, pake sistem kekeluargaan ae, asal ga rame.

Mempertimbangkan protokol covid, akreditasi, dan juga mimpi. Ku pilih, tetap di Asih. Di tambah, abis survey suamiku mimpi RS Gandaria banjir, alamak.
Jumat malam waktunya check in di RS Asih. Ternyata, sampe RS udah jam 8 malam. Nunggu masuk UGD jam 21.00, lama gitu nunggunya. Laper, sambil ctg, ekg, ya we makan sate padang ajo ramon lah! Jam 2 harus puasa. Jam 23.00 siap2 ke kamar rawat. Jam 23.30, siap tidur, barang dah masuk kamar. Dokter Musa telpon! Waduw, kenapa nih. Ternyata di wa: Off the record, ada pasien positif covid masuk sore tadi jam 4, bisa ga Mba diundur operasinya 1 atau 2 hari kalau masih mau di Asih?
BANG BANG! DOR! Udah Jam 12 malam? Jam 2 nya gue puasa, besok pagi mo operasi, masa diundur?!

#off the record karena kasian pasien lain nanti panik klo dengar berita ini padahal mungkin sudah ditangani, jadi suruh ngomong ke front office dan kasir langsung mengenai ini#

Telponan lah tengah malam sama dokter musa, akhirnya diputuskan ke Gandaria besok (sesuai jadwal), mundur dikit jamnya doang. Haha. Karena, ruang operasi bersinggungan dengan ruang observasi di mana si pasien itu melintas. Susternya juga pasti kontak. Walaupun semua sudah disterilkan dan pihak Asih sudah dengan cepat pake APD lengkap dsb, makanya we nunggu lama tadi mo ke UGD itu padahal sepi, karena lagi di sterilin semuanya. Ya.. Hanya saja, khawatir aja dari pihak dokternya, jadi lebih baik kalau mau di Asih beliau minta tunda. Atau ga, ya ke RS lain aja dulu. Wow! Baru mo tiduran di Asih, dah cabut lagiiiii sampe RS Gandaria jam 1. Laper, pesen burger gua, jam 5 akhirnya start puasa. Woooooow woooow. Sampai jam 3 ga bisa tedor. Ntap.

Memang covid ini menggemparkan. Anakku, memilih jalannya sendiri untuk dilahirkan, kapan, dan di mana.

Kalau ibarat film ada rewind nya, aku jadi ingat ingat semuanya. Dan merasa sangat bersyukur punya pengalaman yang lucu ini, dan soo priceless. Lucunya, semua tak terduga sama sekali, mulai dari awal hamil, hamil, sampai melahirkan, ibarat kejutan dari Allah ajah. Alhamdulillah, di usia pernikahan kami yang ke 4, Allah karuniai kami seorang bayi yang sehat, lucu, ganteng, cerdas, menggemaskan. Semoga Allah menjaga kami dan melimpahkan keberkahannya selalu. Aamiin.

Cerita awal kehamilan yang heboh juga belom, cerita pengalaman melahirkan di RS Gandaria yang seru juga belom, cerita galaunya siapin keperluan bayi? Apalagi belom. Ya anak pertama namanya juga, banyak ga taunya, segala bak mandi aja udah beda sekarang, jadi bikin galau. Wah, banyak ugha belomnya. Nantikan yaaw ceritanya, kapan-kapan! Haha.

No comments:

Post a Comment