Friday 3 February 2017

Daftar Visa UK di Belanda

Akhirnya ada kesempatan buat cerita lagi. Kali ini sedikit banyak terkait dengan persiapan pernikahan, #teteup haha ngga deng. Beda topik tapi masih terkait syedikit kak!

Suami saya kuliah di London, UK sedangkan saya di Wageningen, Belanda. Sebelum menikah, saya pengen banget dikasih mahar visa Britania Raya supaya lucuk kalau disebut kan unyu "dengan mahar lalalalala dan visa Britania Raya dibayar tunai". Well, tapi ga jadi karena gatau gimana hukumnya. Kata suami, khawatir ga boleh hukumnya mahar begitu modelnya karena belum mau urus visa UK di Jakarta pada waktu itu dan mau urusnya di Belanda ajah, sedangkan kalau maharnya voucher visa Britania Raya, agak gimana ga sih? Nah, bagi kamu yang pengen unyu unyuan mahar visa begitu, silakan diriset sendiri apa sih hukumnya secara agama?

Sekarang yang mau saya share adalah bagaimana mendaftar visa UK melalui kedutaan besar di Belanda?

Secara umum, proses pembuatan visa sama untuk berbagai tujuan tapi memang dokumennya sedikit berbeda bila untuk kerja dan beyond jalan-jalan. Saya bertujuan untuk family visit (sama dengan visa tourism untuk jalan-jalan). Untuk visa jenis ini, ada pilihan periode masa berlaku waktu visa :
1. Standard Visitor visa costs £87.
2. 2 years - £330
3. 5 years - £600
4. 10 years - £752

Setelah sudah ada gambaran dan menentukan pilihan visa, kamu perlu daftar online di website UK Gov dan juga di TLScontact. Mengurus visa UK memang agak bikin deg-deg an karena detil banget formulirnya dan kalau bisa diisi dengan baik dan pastikan semua informasi make sense. Termasuk itinerary walau cuman itinerary ala-ala. Kamu juga harus membayar visa nya langsung dan baru setelah itu bisa book tanggal appointment.

Appointment bisa dilakukan di dua tempat Dusseldorf (Germany tapi deket Netherlands) atau di Amsterdam. Saya sendiri pilih Amsterdam karena berbarengan dengan waktu kuliah dan supaya tiket keretanya murah karena ke Dusseldrof kan ke Germany, while kalau ke Amsterdam cuma beli Group Ticket 7 EUR haha! Visa fee dari Amsterdam 173 EUR sudah termasuk pengiriman via DHL yang cepat dan terpercaya hihi.

Dokumen yang perlu disiapkan akan dijelaskan dalam dua link di atas yang saya share. Kamu bisa explore semua nya dengan mudah karena walau banyak dan ribet, kalau ditelusuri satu per satu informasinya jelas kok. Berikut adalah dokumen yang disiapkan versi saya (sebagai mahasiswa):
  1. Passport
  2. Bank statements (Bank di Belanda sangat handy, jadi bisa ambil bank statement dari website bank / e-banking)
  3. Saya menambahkan Letter of Guarantee (dari beasiswa, karena khawatir jumlah uang di rekening tidak cukup). Namun LoG di sini juga sebagai keterangan bahwa kita merantau merupakan tugas belajar / setidaknya berhubungan dengan institusi tertentu yang dapat dipercaya - jadi kita bukan imigran yang cari kerjaan dan menuh-menuhin negara tujuan wakakak #canda. 
  4. A letter from your education provider, on headed paper, confirming your enrolment and leave of absence (saya lampirkan surat enrollment dari universitas saya)
  5. Printed copies of your appointment confirmation
  6. Printed receipt(s) of payment of Added Value Services if applicable (bagi yang daftar visa priority-saya tidak),
  7. Original documents,
  8. Online application form,
  9. Residence permit if applicable (penting di-copy dan dilampirkan),
  10. Other documents you want considered (ada informasi di website bahwa tiket tidak perlu dilampirkan, hanya sepertinya perlu lampirkan bukti akomodasi kita mau nginep di mana selama di UK)
  11. Tambahan saya (yang penting juga menurut saya) : Invitation dari UK (ini surat biasa saja yaitu keterangan personal dari teman/kerabat/kolega bahwa kamu diundang ke UK. Tidak seperti di Belanda yang kalau mau invite orang harus bayar ke municipality 12 EUR). Kalau mau nebeng nginep, juga silakan disebutkan dalam surat nya. Oiya, silakan dilampirkan pula dalam invitation ini dokumen pengundang: LoG beasiswa (bila ada), kontrak rumah (bila nebeng nginep), Student card, Letter of Acceptance or Letter of Enrollment, BRP (verblijf/MVV nya UK), passport.
  12. Tidak perlu foto karena Indonesia harus ambil data biometric.
Tempat appointment berlangsung : 
TelePerformance Amsterdam Visa Application Centre
Regus Amsterdam Sloterdijk Teleport Towers
Kingsfordweg 151
1043GR
Amsterdam

Kamu bisa baca secara lengkap panduan How To Apply for A UK Visa di sini dan untuk link informasi lengkap kap kap ada di sini.

Secara umum, berdasarkan informasi yang disebar sih visa akan jadi dalam 3 minggu. Tapi saya jadi dalam waktu dua minggu setelah appointment dan DHL nya helpful banget bisa request waktu antar walau ga ada guarantee bisa menepati request, tapi mereka dateng pada waktu yang diminta hehe.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan menikmati Britania Raya :)

1 comment:

  1. mba mau tanya itu original document maksudnya gimana?

    ReplyDelete