Saturday 4 November 2017

Ikut student trip atau atur sendiri?

Bagi mahasiswa di Eropa, cari/atur trip murah keliling Eropa adalah semangat untuk menyelesaikan tugas serta semangat untuk memulai tugas yang baru. Nah, sering juga ada penawaran dari student tours seperti Pm2am atau Wanderlust student trips untuk liburan murah. Namun, kebanyakan mereka atur menggunakan bus, hotel sharing, dan waktunya gak flexibel sesuai keinginan kita. Walaupun demikian, bukan berarti kalau kita atur trip sendiri selalu lebih mahal daripada ikut student tours loh. Di sini saya mau share celah mana yang bisa disiasati untuk bikin trip seru tapi tetap murah.

Sebelumnya, saya juga pernah ikut tour apabila memang setelah diatur sendiri akan sama saja ujung-ujungnya kayak student tour. Contohnya, London-Stonehenge. Waktu itu kami ikut student tour karena memang ke sana mesti pakai bus dan susah kalau ga ikutan tour. Lalu katanya sih, kalau mau ikutan cruise baik di Scandinavia atau di Greece, mending ikutan student tours karena lebih murah dan praktis. Saya sendiri sih cruise ini belum pernah. Hehe.

Well, lanjut yuk gimana atur trip murah.




Penerbangan
Pertama, cari tiket pesawat sudah jelas yang murah-murah bisa di-compare di skyscanner. Kalau bisa sebelum cari tiket pesawat, atau misal surfing goeuro sekalipun, apus dulu history dan cookies nya. Pasti harga nya akan lebih murah karena setiap kita klik di device kita, mereka akan mengenali kita di kemudian klik. Jadi, supaya ga dikenali dan harganya seakan-akan kayak orang yang baru pertama buka, hapus dulu itu cookies nya. Pesanlah dari jauh-jauh hari. Pesawat hari selasa-rabu biasanya lebih murah.

Kedua, cari rute ryanair. Sepengetahuan saya sih, maskapai ini relatif lebih murah dibanding yang lain. Tapi coba komparasi juga dengan maskapai lain ya. Coba pilih bandara-bandara yang lokal atau bukan bandara utama lah. Misalnya nih, kalau mau ke barcelona, bisa saja pilih Maastricht - Girona (Barcelona) dibandingkan Amsterdam - Barcelona. Dijamin akan nemu yang lebih murah. Memang sih, perhatikan juga transport dari bandara pinggiran itu ke tempat yang kamu tuju. Supaya ga rugi bandar. hehe. Tapi biasanya akan lebih murah ke bandara pinggiran. Misal ke London Heathrow pasti beda puluhan euro sama penerbangan ke London Stansted. Sedangkan dari stansted tinggal nambah belasan euro mungkin buat pp ke tempat yang dituju.

Selanjutnya, cari aja dulu jalur alternatif. Misal mau ke Geneva dari Amsterdam. Dibanding pilih rute Amsterdam - Geneva yang sudah pasti mahal, kenapa gak ke Amsterdam - Nice - Geneva. Hehe. Atau, misalnya nih Amsterdam - Santorini kan mahal. Pilihlah dulu terbang dari Milan. Pokoknya disesuaikan ajah.

Transportasi lain
Apabila gak naik pesawat, banyak juga bus dan kereta kan. Khusus bus sih kayaknya harga ga akan jauh-jauh ya sesamanya dan gak lebih fluktuatif dari pada pesawat. Tapi mereka suka ada promo sih, seperti flixbus bisa dapat 99 euro untuk 5 kali perjalanan dalam 3 bulan. Bener ga ya? Haha, coba cek di website nya. Oiya, tapi terkadang bus antar-kota antar-negara seperti flixbus atau oui bus bisa jadi lebih mahal dibandingkan bus lokal yang juga bisa berangkat menuju negara tetangganya yang masih se-regional. Bus lokal pasti lebih murah. Seperti bus lokal Annecy - Geneva atau Salzburg - Munich. Hal-hal kayak gini sih compare-nya bisa juga nemu di goeuro.

Untuk kereta juga sama sih pada dasarnya. Namun, menurut saya jarang sekali trick ini bisa ditemui di goeuro. Jadi, kalau bisa browsing dulu yang dalam. Kalau saya, kasih tips ini contoh untuk Germany dan sekitarnya.

Germany ini punya tiket lebih murah untuk kereta regional (lokal) loh. Ada penawaran khusus buat weekend, buat kereta regional, khusus group, dan lain-lain. Tapi sayang gak berlaku untuk kereta ICE/international train/kereta cepat. Coba cek dulu deh di sini. Saya waktu itu pakai tiket Bavaria buat jalan dari Salzburg - Munchen, Munchen - Fussen. Juga pakai weekend ticket dari Arnhem (NL) - Dusseldorf - Koln - Aachen dan sebaliknya. Cukup makan waktu lama sih di jalan, tapi murah. Buat santai-santai boleh lah. Perbedaan harga dan waktunya cukup signifikan sih kalau pakai ICE. Hehe. 

Untuk jalan-jalan di kota tujuan, kadang tricky juga, banyak diskon-diskon atau tiket murah yang bisa kita dapatkan. Kalau ini kuncinya mungkin browsing sih ya. Saya belum banyak keliling-liling jadi sekedar share beberapa yang semoga helpful ya.

1. Belanda : punya group ticket yang bisa dibeli di ns.nl under our products >> ticket and supplements >> NS group return ticket. Tiket yang valid untuk group berjalan bersama-sama ini bisa didapat dengan harga 13.75 euro per orang. Lumayan sih, cuman ini pp ke daerah yang satu jalur ya. Agak ribet sih masalah jalur ini bisa dilihat di aplikasi 9292 kalau mau mudahnya. Kalau untuk ke mana saja seharian full bisa beli dag kaart yang sering dijual (tidak selalu) di Albert Heijn, kruidvat, blokker, atau hema. Perlu diperhatikan mau pada pergi ke mana aja. Estimasi harga bisa dilihat juga di aplikasi 9292. Misal Schipol - Den Haag pp butuh 16 euro(an). Kalau pakai group ticket (minimal ber-4) kan bisa murah. Kalau lebih banyak lebih murah, maksimal 10 orang harga 70 euro. Kalau terbang ke Eindhoven, menang banyak kalau rame-rame deh, misal ke Den Haag. Ber-4 bisa cuman 13.75 euro pp, tapi kalau sendirian kena bisa 20 euro (an) sekali jalan. Hmfiuh.

2. London : bisa dibaca di sini.
3. Salzburg : Tiket bus di sini ada yang valid buat all day. Bisa di beli di tabak (rokok) shop biasanya. Agak lupa harganya sekitar 2.5 euro ya seharian.
4. Paris : bisa dibaca di sini.
5. Geneva : ada tiket gratis 70 menit keliling kota kalau kita turun dari airport, dekat claim baggage ada nih mesin tiket yang bisa keluarin tiket gratis itu.
6. Nice : bisa dibaca di sini.

Hotel
Gak harus di hotel sih, syukur ada tebengan. Tapi kalau gak mau ngerepotin, dan mau fully menikmati honeymoon liburan, kan pengennya nginep di tempat yang private dan nyaman. Hostel kadang bagus, tapi kalau kamar private kadang sama aja harganya sama hotel. Huft. Tapi kalau pilih hostel yang sharing pasti jauuuuhhhhh lebih muraaaah bangeeeeettttt. Sebagai alternatif, bisa juga pakai Airbnb! Kalau cukup berani couchsurfing juga (mungkin) seru. Nah, cara menghematnya adalah coba pakai referal code promotion. Keuntungan jalan-jalan rame2 kan bisa tuh ganti2an pakai akun dan referal code nya. Booking.com dan airbnb punya promo ini. Seru deh. Bisa menghemat dan tetap nyaman ketika liburan. Hehe. Kalau mau referal code saya, boleh pm :D diskon 15 euro untuk booking.com dan 30 euro untuk airbnb.

Nah. Kira-kira itu sih komponen yang bisa dibagikan ya untuk menghemat budget liburan. Kalau masalah makan sih selera dan sangat tergantung sama kebutuhan. Intinya sih, jangan sampai liburan malah sakit hehe. Bisa juga hemat dengan makan makanan supermarket yang pasti lebih murah dibanding kita jajan di restoran. Oiya, kebanyakan sih restoran lokal punya menu gourmet gitu, misal di Paris 16 euro udah dapat 3 courses, di Andalusia (katanya) 12 euro. Hehe coba cek2 aja kalau itu. Saya sih yang jelas butuh makanan berat (pasta, mie, atau nasi). Kalau sandwich lagi roti lagi macuk angin. Huks.


Hepi holidei!

No comments:

Post a Comment